Jumat, 01 Oktober 2010

Jenis - Jenis Game Online Warnet

Untuk posting hari ini saya akan bahas tentang Game Online di warnet yg sering dimainkan. Ok simak ya :


Warnet sekarang tidak hanya identik untuk proses browsing saja, akan tetapi yang bermain game pun lebih banyak dan mereka itulah yang disebut dgn Gamers. Mungkin kalian pernah mendengar istilah Game Center, sebuat warnet yg lebih fokus dalam pengadaan game itulah Game Center.

Di tempat kerja saya dulu antara Browsing dan Game seimbang dengan dibuat tempat terpisah, lantai dasar untuk browsing tetapi tetap bisa bermain game tetapi tidak selengkap game yg berada di lantai kedua, dimana dilantai dua lebih difokuskan untuk para Gamers Mania.

Game Online adalah game yang dapat dimainkan secara online di Internet,
adapula Game Multiplayer adalah Game yg dimainkan dengan sistem jaringan Lan (Local Area Network) jadi kita bisa melawan orang lain pada komputer yg terpisah. Untuk dapat memainkannya, kita harus menghubungkan PC atau komputer ke sekelompok PC lain yang saling terhubung. Multiplayer game ini bisa dimainkan dengan jaringan lokal -tanpa akses internet, tetapi bisa juga dengan menggunakan akses internet. Multiplayer game yang tidak membutuhkan akses internet disebut juga sebagai LAN game.

Jenis - jenis permainan dalam game online bisa dibagi ke dalam beberapa kategori seperti Role Playing Game (RPG), Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG), Real Time Strategy (RTS), Massively Multiplayer Online Real Time Strategy (MMORTS), First Person Shooter (FPS) dan lain-lain. Kita akan bahas sedikit jenis game yang paling populer yaitu MMORPG, MMORTS, FPS dan MMOFPS

A>. MMORPG, sistem game ini cukup menarik karena memiliki sistem profesi dan bermacam-macam kemampuan khusus (skill).Setiap pemain bisa membuat karakter atau avatar-nya, memodifikasi jenis kelamin, tampilan gaya dan warna rambut, menghasilkan banyak kombinasi ditambah dengan aksesoris yang bisa dibeli di ‘toko’ dalam permainan hingga menjadikan tiap pemain menjadi suatu pribadi yang unik.

Tak kalah penting di dalam permainan, para pemain bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan pemain lain. Bahkan membentuk ruang chatting (mengobrol) sampai membentuk tim untuk melawan musuh ataupun monster-monster yang ada. Tokoh atau character kita memiliki kemampuan belajar, sehingga dapat memiliki kemampuan tertentu setelah memperoleh pengalaman (experience). Biasanya, kemampuannya ini berhubungan dengan kemampuannya bertempur untuk melawan musuh. Di dunia, game yang populer adalah World of Warcraft , Guild Wars dari Amerika, Final Fantasy dari Jepang dan Lineage dari Korea. Di Indonesia, game yang popular dari jenis ini adalah Ragnarok Online, Seal Online, Ran Online, Audition, Risk Your Life (RYL), Tantra, Gunbound, Getamped dan masih banyak lagi.


B>. MMORTS, RTS adalah sebuah kategori dari computer game yang menggabungkan real-time strategy (RTS) dengan banyak pemain secara bersamaan di internet. Umumnya kita adalah sebagai tokoh utama dalam mengatur strategi dalam suatu kompetisi atau pertempuran melawan musuh. Setting dari game ini tidak saja hanya bernuansa kerajaan pada zaman abad pertengahan dan masa kini, tetapi banyak pula yang ber-setting futuristik dan bernuansa science fiction (sci-fi). Siapa yang paling handal dalam mengatur strategi, dialah pemenangnya. Game yang popular dari jenis ini adalah WarCraft (1994), Command and Conqueror (1995), StarCraft (1998), SimCity (1999), dan lain-lain.


C>. FPS (First Person Shooter), adalah menampilkan kita sebagai pemegang senjata dan siap untuk digunakan untuk menembak lawan. Setting gambar di dalam game ini dibuat semirip mungkin dan bisa dilokalisasi menurut tempat setting pertempuran yang diinginkan. Para pemain bisa memainkan secara sendiri-sendiri atau juga bisa membentuk tim dalam melawan musuh.
Di Indonesia contoh yang terkenal dari dulu dari jenis ini salah satunya adalah Counter Strike (CS). Dalam game ini, sistem ranking dan berbelanja perlengkapan untuk bertempur seperti berbagai jenis senjata dan busana sudah bisa didapat. Karena nature dari game ini yang mengandalkan skill kecepatan, adrenalin dan ketepatan menembak, anak-anak dan remaja pria sangat menyukainya.


D>. MMOFPS, mirip seperti kategori FPS, tapi membutuhkan lebih banyak player bermain bersamaan di internet dan bisa digunakan untuk menghubungkan daerah-daerah atau area-area guna menciptakan ‘dunia’ yang lebih besar dimana ribuan player secara bersama-sama bisa berinteraksi. Karena disebabkan masalah teknis dan infrastruktur internet serta sangat banyaknya jumlah pemain yang bermain pada saat bersamaan di internet, menyebabkan sedikit sekali MMOFPS yang baru dibuat. Contoh game dari MMOFPS ini adalah World War II Online (2001) dan PlanetSide (2003). Dan contoh di Indonesia yg populer dari jenis game ini adalah WarRock, Cross Fire, dan Point Blank.


6 komentar:

ommatillah mengatakan...

Sundul

Anonim mengatakan...

:1: hehe

Anonim mengatakan...

htthttp://img413.imageshack.us/img413/4439/dribble.pngp://img38.imageshack.us/img38/8361/byebyen.png

Anonim mengatakan...

Thanks gan izin nyimak :a:

Rani megawati mengatakan...

thanx postinganna sgt brmanfaat ijin comot^^

Anonim mengatakan...

:c:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar kalian di bawah ini :

 
Easy To Share - Since 2010